WULING AIR EV MERAJAI JALANAN DI KELASNYA

Wuling AIR EV – Adi pict

JAKARTA – Wuling Air EV merupakan mobil listrik yang muncul dipasaran global dengan harga yang cukup murah, pertamakali diluncuran pada pembukaan pameran otomotif GIIAS 2022, tepatnya pada 11 Agustus 2022. Wuling menghadirkan dua varian berdasarkan kapasitasnya yaitu Standard Range dengan harga Rp 238 juta dan Long Range dengan harga Rp295 juta OTR .Varian standard range mengusung kapasitas baterai 17,3 kWh dengan charging time 8,5 jam pada daya 2,0 kW(AC – alternating current), roda Wuling Air EV termasuk mungil, pelek kaleng berukuran 12 inci dibalut ban berukuran 145/70R12. Spesifikasi ini mampu menempuh jarak hingga 200 km sedangkan tipe long range memiliki kapasitas 26,7 kWh dengan waktu pengisian hanya 4 jam menggunakan daya 6,6 kW. Jarak tempuh Wuling Air EV varian ini pun relatif lebih jauh, mencapai 300 km dalam pengisian penuh. Dibandingkan dengan mobil listrik pesaingnya semisal Renault Twizy, Wuling Air EV lebih unggul dari segi harga ataupun kapasitas batrey yang digunakan.

Dari segi hargapun mobil ini selisih sekitar 25% lebih murah sedangkan untuk kapasitas penyimpanan batrey kedua mobil ini jauh sangat berbeda lebih unggu Wuling Air Ev.

Untuk pengisian daya listrik di batrey mobil ini terbilang cukup mudah karena dapat dihubungkan langsung ke sumber tegangan dirumah, pengisian ini membutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk daya listrik yang terpasang 2.200Watt.

Dalam setiap pembelian Wuling Air EV , Wuling Motors menyediakan layanan tambah daya gratis dan opsi memasang jalur baru, ini untuk memastikan konsumen dapat dengan mudah mengisi baterai mobil listrik mereka di rumah. Tapi, Wuling juga siap bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk membangun infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Untuk perhitungan konsumsi biaya mobil listrik Wuling Air EV  sebagai berikut :

Kita ambil contoh tipe Wuling Air EV Long Range baterai mobil listrik ini memiliki kapasitas sebesar 26,68 kWh. Sebagai patokan biaya listrik, digunakan tarif listrik rumah tangga golongan R2(3500VA-5500VA) dengan biaya Rp 1.699,53/kWh per Juli 2022, disarankan daya listrik dirumah jika ingin memiliki mobil listrik disarankan menggunakan daya golongan R2.

Untuk kapasitas penuh, biaya listrik rumah tangga yang dibutuhkan daya baterai sekitar Rp 45.343.

Jika pengisian daya baterai menggunakan infrastruktur SPKLU PLN (Stasiun Pengisian), dikenakan biaya listrik sebesar Rp 2.466/kWh per Juli 2022.

Dari 0 sampai 100 persen, biaya yang dikeluarkan dari SPKLU PLN (Stasiun Pengisian) sekitar Rp 65.792,

Pihak Wuling mengklaim dengan kapasitas baterai tersebut, mobil listrik ini bisa menempuh jarak sampai 300 km.

Dalam perhitungan kasar, konsumsi energi yang bisa dihasilkan bisa mencapai 11,24 km/kWh.

Atau dalam per km, konsumsi energi listrik yang dikeluarkan sebesar 0,08 kWh.

Dengan tarif listrik rumah per Juli 2022, per km mobil listrik ini hanya mengeluarkan biaya energi listrik sekitar Rp 135,96, bayangkan jika menggunakan mobil berbahan bakar fosil, anda harus mengeluarkan minimal Rp 10.000 untuk pertalite dengan menempuh jarak rata-rata sekitar 15km atau sekitar Rp 667/km.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *