INDONESIA PERINGKAT PERTAMA KASUS KORUPSI

Tingkat korupsi di tubuh polri – polisi virtual

Jakarta – Korupsi, kata ini sudah tidak asing lagi dinegeri tercinta indonesia ini, kegiatan pungutan liar terjadi di sekmen paling bawah sampai atas, tindakan kejahatan ini sudah mendarah daging di sistem pemerintahan, swasta, ataupun keluarga. Kita sudah secara tidak disengaja dididik dari kecil sampai dewasa untuk melegalkan kegiatan korupsi, berapa banyak orang tua menghalalkan segala cara untuk menyekolahkan buah hatiya di sekolahan favorit, berapa banyak orang tua memaksa anak mereka untuk berkompetisi masuk dilembaga pemerintahan dengan cara – cara yang curang, masih banyak lagi praktik – praktik korupsi yang tidak kita sadari sudah membentuk mental bobrok sejak dini. Masih segar diingatan kita kasur besar yang terjadi dinegeri kita ini yang melibatkan banyak jendral dalam kasus pembunuhan ajuda polisi, berapa banyak terduka penerima suap dari otak pembunuhan, berapa banyak anggota polisi yang terlibat dalam kasus tersebut, ini membuktikan betapa hancunya mental abdi negara yang ikut terlibat. Pantas saja banyak media yang menyebutkan bahwa polisi adalah lembaga yang dianggap paling korup.

Menurutnya, jumlah polisi yang ada di Indonesia adalah sekitar 400 ribu anggota yang tersebar baik di kota besar maupun kecil. Dengan jumlah yang cukup banyak memang tidak semua anggota polisi memiliki mental korup, namun  oknum saja yang melakukan tindak korupsi.

Menurut survey  IndexMundi negara indonesia menjadi negara paling korup No 1 di asia tenggara dengan nilai indek 7.56 sedangkan peringkat dunia indonesia menempati peringkat ke 18.

Berikut daftar peringkat negara di asia tenggara yang paling korup di department kepolisian :

  1. Indonesia (7.56)
  2. Thailand (7.40)
  3. Filipina (7.12)
  4. Malaysia (7.11)
  5. Cambodia (6.97)
  6. Vietnam (6.85)
  7. Singapura (2.10)

Sedangkan beberapa negara asia tenggara tidak masuk kedaftar diatas dikarenakan tingkat korupsinya sangat sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *